Aneka Cara Menggunakan Minyak Aromaterapi

Bagi kamu yang suka wewangian, pasti gak asing dengan kata aromaterapi. Ya, praktik menghirup wewangian ini dikenal membantu kamu relaks dan membuat mood jadi tenang.

Ternyata, sekarang ini banyak sekali cara untuk menggunakan minya aromaterapi atau umum dikenal juga dengan essentials oil. Selain membuat kamu jadi lebih nyaman, ternyata banyak manfaat alami juga bagi kesehatan. Yuk simak lebih lanjut cara menggunakannya yang bermacam-macam.

1. Sebagai Parfum atau Water Mist

Essentials oil nyatanya memiliki intensitas wewangian yang sangat pekat. Kamu bisa memanfaatkan minyak ini sebagai pengganti parfum, khususnya bagi kamu yang suka aroma bunga atau buah-buahan. Caranya adalah dengan meneteskan 1 tetes ke pergelangan tangan dan diusapkan ke leher, dada, lengan dan perut.

Ada juga cara unik dengan menjadikan sebagai body atau face mist. Campurkan 3 tetes essential oils dengan air kedalam botol semprot. Kamu bisa menggunakan botol semprot ini setiap saat, kapan pun juga!

2. Pewangi Ruangan dengan Tungku Bakar

Kini banyak dijual berbagai minyak aromaterapi seperti lavender, green-tea, sereh yang memiliki berbagai manfaat kesehatan yang baik. Kamu dapat menggunakan minyak ini sebagai pengharum ruangan. Contoh paling umum adalah menggunakan tungku bakar lilin yang banyak dijual.

Caranya adalah dengan mengcampurkan air dan essentials oil sebanyak 3 tetes untuk kamar berukuran kecil atau 10 tetes untuk ruang keluarga. Pewangi dengan tungku bakar menggunakan lilin yang kemudian akan menguapkan air yang ada di atasnya. Namun kamu harus berhati-hati ya menggunakan cara ini, tidak disarankan untuk digunakan saat kamu ingin tidur.

3. Dicampurkan Kedalam Air Mandi

Kalau kamu ingin satu tubuh wangi semerbak, bisa nih mengikuti tips yang satu ini. Setelah kamu mandi dengan bersih, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes essentials oil kedalam wadah atau bak mandi. Lalu kamu siram ke tubuh secara merata.

Atau bagi kamu yang ini super relaks sambil berendam, cobain deh beberapa tetesan di bath tube dengan air hangat yang cukup. Uap air yang telah tercampur dengan essentials oil akan membuat kamu semakin betah berlama-lama di kamar mandi. Tapi cara ini kurang disarankan jika kamar mandi kamu terdapat exhaust fan!

4. Pelembab Udara dengan Air Humidifier

Air humidifier adalah mesin yang mengubah air menjadi partikel kecil. Fungsi utamanya adalah menjaga kelembapan di ruangan ber-AC. Kamu bisa memanfaatkan minyak aromaterapi dan mencampurnya ke dalam air yang digunakan oleh humidifier tersebut.

Selain menjaga kulit tidak kering, kamu dapat menghirup aroma aromaterapi yang bikin kamu relaks dan tidur lebih nyenyak. Namun, proses ini membutuhkan ketelatenan karena kamu harus menguras tangki air jika ingin menggunakannya kembali atau mengganti tipe aromaterapi.

5. Pewangi di Kamar Mandi

Berikut adalah cara unik bagi kamu yang ingin hidup alami. Kamu dapat menggunakan mangkuk kayu ala-ala mangkuk jepang sebagai wadah air. Disini kamu dapat mencampurkan beberapa tetes minyak aromaterapi kedalam mangkuk yang telah terisi air.

Mangkuk kayu ini otomatis akan menyerap air dan minyak aromaterapi dan melepaskan wewangian tersebut dengan menguapkan air dari pori-pori kayu. Selain aromanya tidak berlebihan, kamar mandi kamu jadi punya segi estetika tersendiri.